Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Membuat Foto Menjadi Kartun Vektor Menggunakan Photoshop Terbaru



Jayati Pedia - Tutorial lengkap membuat kartun vektor menggunakan adobe photoshop, kali ini saya akan menjadikan foto saya sendiri menjadi sebuah kartun (entah anda menyebutnya kartun atau bukan, hehe), sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tentang photoshop yaitu membuat iklan GIF menggunakan photoshop

Okelah, langsung saja alat tempur yang perlu anda siapkan

  • Adobe Photoshop (Cs terserah, cs3,cs4,cs6)
  • 1 foto untuk di jadikan kartun
  • Gambar warna kulit & bibir (download disini)
  • Siapkan tempat duduk yang nyaman dan secangkir kopi hangat untuk menemani.
  • Extra sabar

1. Pertama Open foto, tekan Ctrl + O.

2. Selanjutnya Pilih & tekan Pen tool, lalu atur Opacity / tingkat transparan pen tool menjadi '0%' terletak di atas letak layer , untuk cara membentuk pola wajah dengan pen tool, arahkan pen tool pada ujung pola wajah yang akan anda buat, kemudian klik lagi bagian lainya tanpa harus menyeret cursor, setelah pola wajah anda buat silahkan klik pen tool kembali > klik kanan > pilih Add Anchor Point Tool , arahkan cursor pada pola yang sebelumnya sudah anda buat lalu klik garis tepi pola untuk mengatur bentuk / melengkungkan, lakukan langkah ini berulang kali sampai bentuk pola wajah terlihat sempurnaa.
 langkah ini selesai silahkan naikkan kembali Opacity layer menjadi 100%, lalu warnai layer sesuai warna kulit terserah anda, untuk pewarnaan lebih mudahnya silahkan open gambar warna kulit.

3. setelah pewarnaan tampilan akan seperti di bawah ini, bagian muka selesai, silahkan hilangkan sementara tanda mata di layer untuk menghilangkan priview gambar.

4. sekarang proses pembuatan rambut, klik pen tool, lalu buat pola mengikuti bentuk rambut atau bisa juga menambahkan pola rambut sendiri agar terlihat lebih keren, saat menggunakan pen tool buatlah sketsanya dahulu.


5. untuk memulai membentuk lengkungan-lengkungan pada rambut silahkan klik kanan kembali pen tool lalu pilih add anchor point tool seperti di gambar.


6. arahkan Anchor point  tool pada garis yang sebelumnhya kita buat melalui pen tool, selanjutnya silahkan lengkung dan sesuaikan bentuknya dengan cara menahan Mouse, setelah semuanya selesai hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :

selanjutnya silahkan lakukan pewaraan pada layer rambut, klik dua kali layer rambut lalu pilih color overlay selanjutnya warnai sesuai selera!

 Perlu di perhatikan : sebelum melakukan pelengkungan menggunakan anchor point tool, silahkan turunkan opacity menjadi 0%, setelah proses pelengkungan selesai silahkan naikkan kembali opacity menjadi 100% selanjutnya lakukan pewarnaan.

7. pembuatan rambut sudahs selesai, selanjutnya silahkan buat kuping menggunakan pen tool lalu bentuk dengan Add Anchor Point Tool, warnai kuping dengan warna yang sedikit gelap dengan wajah

 8. dari ketiga layer yang sudah kita buat sebelumny, hasil ahirnya akan seperti ini.


9. Lanjut kita buat kacamata, cara ini bisa anda lewati bila di foto anda tidak memakai kacamata, bila foto anda tidak memakai kacamata sekarang silahkan buat layer mata juga menggunakan pen tool, inti peroses pembuatanya sama.
 pertama bentuk pola tepat pada ujung-ujung objek yang akan kita lengkungkan, intinya seperti gambar di atas.

10. Kemudian lengkungkan bentuk pola sebelumnya dengan Add Anchor Point tool, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

11. setelah anda melakukan proses pelengkungan, setidaknya bentuknya akan seperti ini, agar kacamata terkesan lebih mengkilat silahkan klik double layer > plih gradient lalu sesuaikan.

12. Klik kembali pen tool, buat pola seperti gambar di bawah ini dan lengkungkan kembali dengan Add Anchor Point Tool. untuk pewarnaan silahkan warnai tidak terlalu putih.



13. agar lebih terlihat mengkilat & sedikit nyata, silahkan klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur
 kemudian sett radius 33,6 pixel

14. selanjutnya blok semua layer kilatan pada kacamata (bukan layer kacamata) dengan cara klik satu persatu layer sambil menekan Ctrl selanjutnya klik kanan Merge Layer

 15. setelah semua layer kilatan pada kacamata di gabungkan, klik Polignal Lasso Tool untuk menyeleksi dan memotong.

16. di sini buatlah seleksi seperti di gambar kemudian klik Del pada Clipboard untuk menghilangkan sebagian layer yang telah terseleksi. lakukan cara di atas secara berulang untuk bagian lainya


 17. setelah selesai hasilnyapun akan nampak seperti ini:

18. selanjutnya kita membuat alis, jujur saya paling males buat alis, jadi ya begitulah bentuknya, hehe.
untuk bagian alis silahkan kreasi sendiri sesuai kebutuhan.



19. nah kali ini kita akan membuat hidung, kita tetap menggunakan pen tool seperti cara di atas, untuk bentuknya silahkan sesuaikan gambar anda.  lalu warnai terserah yang terpenting cocok dan tidak kontras dengan warna wajah.

20. buat satu lagi bagian hidung yang agak sedikit terang di bagian kanan dan warnai sedikit lebih terang dari hidung bagian kiri.


21. Nah ini bagian yang paling saya benci, karena bentuk bibirlah yang akan sangat mempengaruhi penampilan wajah, dalam pembuatan bibir saya malah sering kwalahan kwalahan sendiri.

buat bibir menggunakan pen tool dan lengkungkan dengan Add Anchor Point Tool warnai bibir agak kemerah-merahan, buat lagi bentuk hampir mirip seperti bibir namun agak sedikit tipis letakkan di posisi tengah bibir dan warnai agak keputh-putihan sehingga bisa nampak seperti gambar di bawah ini:


22. agar bibir terlihat hidup beri tambahan kilauan cahaya, buat menggunakan pen tool untuk bentuknya sesuaikan, jangan lupa juga untuk menurunkan Opacity Kilatan cahaya menjadi 75%.


23. hasil ahir pembuatan bibir akan nampak seperti gambar di bawah ini :


24. sekarang hilangkan semua tanda mata pada semua layer, sehingga akan terlihat gambar aslinya.
klik Image > Adjustments > Posterize

 atur level posterize 5

25. nahh setidaknya beginilah jadinya setelah gambar kita posterize, hal ini berguna untuk memudahkan kita memblok bagian muka & leher secara berurut mulai bagian yang cerah hingga ke gelap, hal ini berguna agar gambar kita lebih terlihat menarik & sedikit hidup. hehe :P


26. Mulai langkah pertama siapkan pen tool, lalu buat dan bentuklah pola bersarkan pola pada wajah sesudah itu lengkungkan dengan Add Anchor Point Tool. warnai layer ini dengan warna yang lebih terang dari layer wajah yang sebelumnya sudah kita buat.

sehingga akan seperti gambar di bawah ini,

27. kedua buatlah lagi pola yang mengikuti pola pada wajah menggunakan pen tool, bedanya di layer ke-2 ini pewarnaan sedikit gelap dari layer nomor 26

Lihat gambar :

28. ketiga buatlah lagi satu layer yang paling gelap (tapi jangan terlalu gelap) berdasarkan pola pada wajah menggunakan pen tool, untuk warna bagian ke-3 ini harus sedikit gelap daripada layer bagian ke-2.

Lihat gambar :

Hasil Finalnya :


29. Bagian kepala sudah selesai, sekarang kita buat bajunya, gunakan pen tool untuk membuat baju agar hasil lebih maksimal, warna terserah.


30. agar terlihat semakin menarik tambahkan juga motif pada baju.


31. Sehingga hasil ahir pada pembuatan baju akan seperti di gambar :


32. Nah kita kembali lagi ke bagian rambut, agar rambut semakin terlihat keren, silahkan buat garis-garis melengkung tipis menggunakan pen tool.


33.  Selanjutnya copy layer (Ctrl + J) yang sudah anda buat berulang kali sampai seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


34. Disini silahkan hilangkann Background asli gambar dengan cara mengilangkan icon mata pada layer / menghapusnya, dan juga tambah & buatkan background baru pada gambar (untuk pembuatan background silahkan gunakan gradien agar hasil warna tidak hanya mencakup 1 warna).

JRENG JREEENG, DAN INILAH HASILNYA

hehe maaf maaf kalau hasilnya tidak terlalu bagus, saya sendiri aja tergolong masih baru belajar. 

Nah berikut perbedaanya dari yang asli, walaupun jauh beda banget saya sudah berusaha loh  hehe


Gimana masbro mbakbro? berhasilkan? pasti berhasil donk, amin :D , yaudah sekian tutorial dari saya di samping itu jari juga udah lelah, semoga bermanfaat. Enjoy!

27 komentar untuk "Tutorial Membuat Foto Menjadi Kartun Vektor Menggunakan Photoshop Terbaru"

  1. Wah kalau ini nih saya belum pernah coba
    Bwrmanfaat banget buat gua anak tkj hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum pernah coba silahkan mencobanya gan :D mudah kok :P

      Hapus
  2. Mantap gan..efek vektornya keren..ijin bukmark buat belajar

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Tutornya detail.. makasih brother !!

    BalasHapus
  5. keren-keren jadi mau coba
    makasih sudah bagi-bagi ilmu nya

    http://cbs-bogor.net/

    BalasHapus
  6. nice info,, :-)


    http://acemaxs86.com/obat-herbal-kanker-usus-besar/

    BalasHapus
  7. terimaksih infonya kaa, sangat diperlukan kesabaran juga saat sedang menggunakan pen tool:)

    www.kaffah.biz

    BalasHapus
  8. Gan, bisa gak tolong buatin?? Nanti gue kasih gambar nya??

    BalasHapus
  9. Gan bisa tolong buatin??
    pengen nyoba tapi kurang paham,hehe

    BBM: 53642882

    BalasHapus
  10. thanks buat tutornya,, di coba yaa...

    http://goo.gl/Uo5QZU

    BalasHapus
  11. wah keren bnget brow....bsa buat blajar..thanks ya tutor nya....

    BalasHapus
  12. wah keren bnget brow....bsa buat blajar..thanks ya tutor nya....

    BalasHapus
  13. Nice tutor..

    bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

    BalasHapus
  14. bagus tutornya gan masih ada yang lain gk gan ?????

    BalasHapus