Labels

Home » » Sejarah Singkat Semboyan Jayati Kediri

Sejarah Singkat Semboyan Jayati Kediri


Jayati Pedia - Artikel kali ini saya akan menjelaskan sejarah sputar semboyan jayati yang tak bukan juga menjadi nama blog ini, tidak kebetulan saya membuat blog ini dengan menyisipkan nama Jayati, Terdapat banyak makna yang di simpan di dalam 1 kata ini, masyarakat kediri pasti sering menjumpai semboyan #jayatikediri di Sosial media, seperti facebook, Twitter, dll.. Lalu apa arti dan kandungan sejarah dibaliknya?

Semboyan Jayati menurut sejarahnya sudah terdapat dalam prasasti Ngantang yang berangka tahun1057 Saka (1135 M). Terpahat dalam batu dengan menggunakan aksara dan bahasa Jawa kuno.
Dalam prasasti Ngantang tersebut tertulis "Panjalu Jayati" yang artinya Kediri menang. Iya, prasasti tersebut dibuat di masa-masa kejayaan Kerajaan Kediri yang pada waktu itu dipimpin oleh Raja Jayabhaya.

Prasasti tersebut dikeluarkan sebagai piagam pengesahan anugerah untuk penduduk Desa Ngantang yang setia pada Kediri selama perang melawan Kerajaan Jenggala, yang akhirnya dimenangkan oleh Kerajaan Kediri. Dari prasasti yang terukir semboyan Panjalu Jayati tersebut ada dua hal yang  menjadi simbol warga desa ngantang, yakni Kesetiaan Dan Kemenangan.

Bisa kita simpulkan Semboyan Jayati adalah Kemenangan, Kemenangan Kediri | #JAYATIKEDIRI
Attention!
Silahkan Klik Iklan di bawah ini untuk menambah kesemangatan saya dalam membuat artikel yang bermanfaat, terimakasih

Penting !
bagi anda blogger yang ingin meng 'copy paste' artikel saya kali ini harap sertakan link sumber ,dengan begitu anda mematuhi aturan dan menghargai penulis. namun alangkah baiknya anda menulis artikel dengan pemikiran anda sendiri , itu malah terlihat hebat.

1 komentar:

Silahkan berkomentar secara sopan dan relevan, bila ada yang kurank jelas silahkan di tanyakan, serta berkomentarlah secara baik, jangan sampai menyertakan Link aktif di komentar anda. Thanks atas komentar anda :)

×